Contoh Wawancara Profesi

 

Siapa nama lengkap bapak ?
Nama lengkap saya Eko Sukaryanto, biasanya orang-orang memanggil saya Totok
2.      Tempat atau tanggal berapa anda di lahirkan ?
Saya lahir di Mojokerto, tepatnya di daerah Trawas, Tanggal 29 April 1955
3.      Apakah Bapak sudah berkeluarga ?
Belum 3, masih 1 (hahaha)
4.      Siapa nama istri bapak ?
Nama istri saya Ibu Sutriana
5.      Berapa jumlah putra atau putri bapak ?
Saya mempunyai dua orang anak, Putra satu Putri satu, yang putra sekarang ada di Kalimantan namanya Eka Setyawan, anak yang putri  masih sekolah kelas XI di SMKN 1 Dlanggu, namanya Jatu  Waratunda Prasista
6.      Sejak kapan anda menjalani profesi ini ?
Sejak tahun 1971
7.      Apakah ada kendala selama bapak menjalani profesi ini ?
Tidak ada, kendalanya mungkin hanya kesehatan saja.
8.      Sejak kapan bapak sudah mulai bisa menjahit menggunakan mesin ?
Sejak tahun 1971 saya sudah bisa menjahit menggunakan mesin secara langsung
9.      Apakah bapak sekolah di jurusan tata busana ?
Saya belajar otodidak, tapi pernah belajar di jurusan tata busana pada tahun 1973
10.  Dimana tempat pertama kali bapak di terima kerja ?
Saya usaha sendiri
11.  Mengapa bapak memilih untuk menekuni profesi ini ?
Karena pekerjaan ini asyik, dan bakat saya memang di bidang ini
12.  Berapa lama yang diperlukan untuk menjahit 1 baju atau pakaian ?
Yaa, tergantung modelnya. Kalau modelnya seperti harvy itu kira-kira 2.5 jam
13.  Berapa penghasilan bapak dalam 1 bulan ?
Penghasilan saya kurang lebih Rp.2.500.000/bln.
14.  Pada musim apa bapak banyak menerima pesanan ?
Sudah tidak ada musim lagi. yaa, hanya pada musim sekolah
15.  Selain musim tersebut berapa banyak pesanan yang anda dapat ?
Itu relatif, tidak bisa ditentukan
16.  Bagaimana kegiatan bapak ketika tidak menerima pesanan ?
Yaa, paling-paling istirahat, tidur, olahraga dan kepura
17.  Dimana biasanya bapak membeli bahan jahitan ?
Di daerah Pohjejer, dan Mojokerto
18.  Berapa lama anda menekuni profesi ini ?
Saya sudah menekuni profesi ini  itu sekitar 40 tahun
19.  Apakah anda ingin mewariskan profesi ini kepada putra atau putri bapak ?
Maunya iya,, tetapi anaknya tidak mau. Yang pertama mengambil jurusan hukum kemudian yang kedua mengambil jurusan tata boga
20.  Apa pesan yang ingin anda sampaikan untuk pelanggan atau generasi muda ?
Jadi untuk generasi muda tujuan anda belajar untuk apa. Perlu ketekunan, kesabaran, keuletan,berjiwa besar, untuk masyarakat membuat senang orang lain jangan takut kegagalan karena kegagalan itu merupakan proses untuk menuju sukses.
Khususnya untuk semua orang. Jangan di anggap seorang penjahit seorang penjahit itu pekerjaan yang rendah, karena pekerjaan itu memerlukan IQ yang tinggi. jiwa seni dan jiwa yang besar. Ini memerlukan kehalusan perasaan sesuatu pekerjaan yang berjiwa satu, harus melihat kesukaannya bagaimana, bentuk tubuhnya itu bagaimana. Contohnya saja kalo orang yang profesional itu kebanyakan menang di teorinya saja, di penyelesaian akhirnya kurang. Tapi kalau saya mulai dari tahun 1971 sampai sekarang masih belajar, karena model-model pakaian terus berganti. Mangkanya pekerjaan ini jangan di anggap rendah.

0 komentar

Posting Komentar